Rabu, 24 Februari 2016

Louhan Bisa Berciuman?

Kelakukan ikan Louhan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ikan Flowerhorn sungguh menggemaskan. Betapa tidak, ikan yang memiliki warna merah menawan dan kepala jenong, tenyata suka berciuman dengan ikan Lauhan lainnya.


Aksi ciuman ini sangat mirip dengan ciuman yang dilakukan oleh manusia, yaitu bibir ikan menyentuh bibir ikan lainnya.

Kasi ciuman ikan Louhan ini dijumpai di akuarium milik penghobi ikan hias, Ferry Amiril Mukminin, di kawasan Bandung timur. Aksi ciuman itu memang kerap dilakukan Louhan ketika menjumpai teman baru.

"Itu karena ia menganggap penghuni baru sebagai musuh. Ciuman itu tandanya marah, dan ini bagus untuk menjadikan kepala ikan menjadi besar," katanya, Senin (25/5/2015).

Dalam beberapa penjelasan, penghobi ikan memang sengaja menghadirkan ikan baru dalam sebuah akuarium untuk memancing kemarahan ikan. Pada saat marah, Louhan akan menegangkan semua sirip dan mengencangkan otot. Pada saat otot muka dan kepala menegang diharapkan jenong atau nongnong terpacu untuk keluar.

Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia dijelaskan bahwa sejumlah binatang memang menunjukkan perilaku ciuman, di antaranya anjing, kucing, burung, merpati, dan serangga. Sejarawan alam Ernest Crawley, yang mengamati perilaku hewan mengatakan, ada spesies ikan dengan nama Helostoma temminckii (lebih dikenal sebagai gurami pencium) yang melakukan ciuman pada ikan lain. Ciuman ini bukan menandakan cinta tetapi untuk menunjukkan dominasi atas ikan lainnya atau mungkin untuk mengikis alga dan bebatuan.
Nah, bisa jadi aksi ciuam yang dilakukan sepasang Lohan milik Ferry adalah perilaku yang diamati oleh Ernest Crawley.


Tapi jika Anda mengatakan bahwa sepasang ikan melakukan ciuman sebagai bentuk kasih sayang, seperti yang umumnya dilakukan oleh manusia, maka itu adalah sah-sah saja. (dia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar