Rabu, 24 Februari 2016

Memelihara Louhan dengan Baik

Luo Han boleh dikatakan mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menggunakan stadard perawatan  pada umumnya,  ikan tersebut sudah akan hidup dan tumbuh dengan baik.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Pelihara louhan pada akuarium dengan ukuran yang memadai. Panjang akuarium dianjurkan setidaknya 4 kali panjang ikan louhan. Ruang gerak yang cukup banyak akan memicu pertumbuhan yang baik.

Beberapa hobiis sering menyarankan agar memberikan dasar akuarium berupa kerikil berwarna terang, seperti merah dengan harapan akan memicu warna ikan. Perlu diketahui bahwa indukan aseli ikan luohan berasal dari lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga tidak tertutup kemungkinan pemberian dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tersebut menjadi stress. 

Sampai tahap tertentu bisa saja terkesan bahwa warna ikan terpicu, hal ini disebabkan karena refraksi atau pentulan warna tersebut pada sisik ikan yang bersangkutan, atau karena kecenderungan kemampuan adaptasi/kamuflase pada ikan yang bersangkutan.


Sebagian tulisan dibuat oleh Wahyu Purwakusuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar