Rabu, 24 Februari 2016

Pemijahan Ikan Louhan

Luo Han diketahui relatif mudah diternakan. Untuk dapat melakukan pemijahan setidaknya diperlukan betina yang telah berukuran minimal 10 cm.  

Sedangkan jantanya harus dipilih yang memiliki ukuran lebih besar.  Tempatkan pasangan ini pada sebuah akuarium, tetapi dengan diberi sekat pemisah.  Biarkan mereka menjadi terbiasa dengan pasangannnya satu sama lain pada kondisi demikian.  Pada saat si betina telah menunjukkan tanda-tanda akan bertelur lepaskan sekat tersebut.

Amati perilaku mereka setelah disatukan.  Apabila ternyata berkelahi terus menerus selama beberapa saat (jam) segera pisahkan mereka.  Coba untuk menyatukan kembali pasangan ini beberapa minggu kemudian.    Disamping itu bisa juga dicoba dengan memasangkan dengan jantan atau betina yang lain.

Apabila pemijahan berhasil. Perhatikan apakah mereke tetap akur dan menjaga telurnya atau tidak.  Apabila mereka cenderung berkelahi, pisahkan si jantan.   Dan biarkan si betina menjaga telurnya.  Beberapa kasus menunjukkan bahwa si betina memakan juga telurnya, apabila ini terjadi pisahkan juga betinanya.

Telur biasanya akan menetas setelah satu minggu.  Setelah menetas biarkan induk betina bersama burayak selama satu minggu, setelah itu pisahkan.
Perawatan burayak dilakukan dengan mengacu pada perawatan keluarga cichlid lainnya.



Sebagian tulisan dibuat oleh Wahyu Purwakusuma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar